Denah Rumah Minimalis 4 Kamar Tidur yang Nyaman dan Sederhana

Denah Rumah Minimalis 4 Kamar Tidur yang Nyaman dan Sederhana

Denah rumah minimalis 4 kamar tidur – Rumah minimalis adalah rumah yang pada saat ini paling diminati dan menjadi trend pada kalangan keluarga kecil. Desain minimalis dengan interior yang modern adalah salah satu alasan mengapa banyak orang yang menyukai rumah minimalis. Pada rumah minimalis satu lantai desain interior yang digunakan lebih sederhana dengan tampilan eksterior yang modern namun tetap terlihat elegan.

Keuntungan membangun atau memiliki rumah minimalis satu lantai ialah anda tidak harus membutuhkan tanah yang luas untuk membangun rumah minimalis. Karena rumah minimalis merupakan rumah yang simple, terlihat mungil namun tetap memiliki unsur artistik dan modern. Saat ini investasi tanah dan rumah adalah investasi yang menjanjikan dengan harga yang selalu meningkat tiap tahunnya. Dengan adanya rumah minimalis, anda dapat tetap berinvestasi dengan budget rendah namun memiliki keuntungan lebih pada jangka panjang.

Apabila anda membeli tanah yang luas, anda bisa membayangkan sendiri berapa jumlah dana yang akan anda keluarkan mengingat harga tanah selalu meningkat apalagi mengidamkan  denah rumah minimalis modern. Oleh sebab itu rumah minimalis merupakan solusi terbaik bagi anda yang ingin membangun rumah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Selain sederhana rumah minimalis juga memiliki konsep desain dan interior yang tidak terlalu rumit. Sehingga memudahkan anda dalam mengatur rumah anda sendiri tanpa harus meminta bantuan arsitek untuk merancang rumah anda.

Pada umumnya rumah minimalis dengan 1 lantai hanya memiliki 2 kamar tidur saja, seandainya kita menginginkan 4 kamar tidur pada rumah minimalis satu lantai apakah bisa? Berikut ini kami akan membahas tentang denah rumah minimalis 4 kamar tidur pada satu lantai.

• Untuk membuat denah rumah minimalis dengan 4 kamar pada satu lantai hal yang pertama harus dirancang adalah mengatur dan memperhitungkan panjang dan lebar luas tanah yang anda miliki. Sehingga anda dapat menentukan luas ukuran pada tiap-tiap ruangan. Dalam membuat denah rumah minimalis 4 kamar tidur sebaiknya anda juga harus memperhitungkan banyaknya ruangan pada rumah minimalis anda. Karena hal tersebut sangat berpengaruh untuk ukuran ruangan yang akan anda rancang. Semakin banyak ruangan yang anda buat makan semakin kecil luas ruangan pada masing-masing kamar tersebut.

• Pada saat pembuatan denah rumah minimalis 4 kamar, buatlah sebuah list untuk menentukan ruangan pada rumah minimalis 1 lantai anda. Rancangan list tersebut berupa ruang tamu, dapur, kamar utama, kamar anak, kamar tamu, kamar pembantu, ruang keluarga, kamar mandi dan garasi. Idealnya rumah minimalis dengan satu lantai dibatasi dengan maksimal 10 ruangan saja. Rumah minimalis dengan 10 ruangan saja sudah cukup sempit jika dibandingkan dengan rumah minimalis yang hanya menggunakan 6 sampai 7 ruangan saja. Jadi untuk membuat ruangan minimalis lebih lebar sebaiknya anda minimalkan jumlah ruangan pada rumah minimalis anda. Apalagi jika anda membutuhkan 4 kamar untuk membuat denah rumah minimalis 1 lantai. Penggunaan gudang bisa anda hapus dari daftar ruangan anda apabila anda merasa denah ruangan sudah terlalu sempit dan membuat tidak adanya sisa lahan.

• Bedakan ukuran antara ruang kamar satu dan yang lainnya. Biasanya ukuran kamar untuk kamar utama memiliki ukuran kamar yang agak besar. Kamar utama pada umumnya memiliki ukuran 3×3 meter sementara ukuran untuk kamar anak, kamar tamu dan kamar pembantu disesuaikan dengan kebutuhan anda. Usahakan agar ukuran kamar tidak melebihi batas ukuran kamar utama karena jika ukuran kamar lainnya melebihi ukuran kamar utama maka anda harus meminimalkan ukuran ruangan lainnya seperti ruang keluarga maupun ruang tamu.

• Jika ada ruangan yang harus dikurangi ukurannya agar rumah anda bisa memiliki 4 kamar pada rumah minimalis lantai 1 sebaiknya manfaatkanlah kamar mandi. Ukuran dan luas kamar mandi tidak perlu terlalu besar. Pada umunya kamar mandi hanya memiliki ukuran 3×1,5 meter jadi anda dapat memaksimalkan penggunaan ruang lainnya.

• Untuk tata letak denah kamar, buatlah denah kamar dengan letak kamar berada pada sudut ruangan. Hal tersebut bermanfaat untuk masuknya sirkulasi udara yang ada di luar rumah. Karena kamar membutuhkan ventilasi yang cukup.

Membuat suatu rancangan tentang denah kamar, merupakan hal yang tidak mudah. Karena hal tersebut butuh ketelitian dan konsep yang matang agar luas bangunan dan luas ruangan bisa diperhitungkan dengan detail. Demikianlah denah rumah minimalis 4 kamar tidur yang bisa anda jadikan referensi dalam membangun rumah minimalis 1 lantai.