cara mengepel lantai kayu

Cara Mengepel Lantai Kayu, Tips Yang Diperlukan Untuk Mengepel !

Cara Mengepel Lantai Kayu, Tips Yang Diperlukan Untuk Mengepel !

Cara mengepel lantai kayu – Lantai yang terbuat dari kayu memang memiliki keistimewaan tersendiri. Disamping desainnya yang menarik dan unik, rumah yang lantainya terbuat dari kayu akan cenderung lebih sejuk karena sifat alami dari kayu itu sendiri. Namun lantai yang terbuat dari kayu tentu memiliki beberapa kelemahan, diantara sifatnya yang mudah lapuk. Oleh karena itu kayu yang umumnya digunakan untuk lantai rumah umumnya yang berkualitas baik, memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca maupun serangga dan terlebih dahulu melalui proses pengawetan dan finishing untuk lebih meningkatkan kualitas kayu tersebut.

Sebab itu, anda perlu melakukan perawatan atau tahu cara merawat lantai kayu harian agar lantai kayu anda tetap bersih, tidak ada kotoran yang tertinggal hingga menumpuk yang mengakibatkan lantai lebih sulit untuk dibersihkan dan ujung-ujungnya akan mengikis kekuatan lantai kayu anda. Karena pada dasarnya, untuk membersihkan lantai dengan bahan dasar kayu ini tidak perlu dipel atau dibersihkan meggunakan air atau bahkan dengan cairan pembersih lantai karena justru akan membuat lantai kayu anda menjadi lembab, cepat lapuk, dan rusak. Namun kadang kala kotoran yang sifatnya menempel memang tidak bisa dihindari dan memerlukan air untuk mengangkatnya.

cara mengepel lantai kayu

Bila memang anda harus mengepel lantai kayu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar tidak merusaknya. Berikut ini kami berikan informasinya untuk anda seputar tips dan cara mengepel lantai kayu agar tidak cepat lapuk.
• Sapu atau vakum terlebih dahulu
Sebelum mengepel lantai kayu rumah anda, sebaiknya pastikan anda sudah membersihkannya dari debu atau kotoran lain yang bisa menggores permukaan lantai bila dipel. Cukup bersihkan dengan sapu nylon atau gunakan vacum cleaner untuk hasil yang lebih baik. Membersihkan lantai dari debu juga bagian dari perawatan harian sebagaimana jenis lantai yang lain. Oleh karena itu, lakukanlah dengan teratur.

• Siapkan baskom atau ember yang berisi air bersih. Dalam hal mengepel lantai kayu ini, cukup gunakan air bersih saja, tanpa mencampurnya dengan bahan pembersih apapun, termasuk cairan pembersih lantai sekalipun. Karena lantai kayu sangat rentan dengan bahan kimia yang justru bisa membuat kayu rusak.

• Siapkan juga kain yang lembut untuk mengepel. Misalnya saja kain yang berbahan katun lembut seperti handuk dan sejenisnya. Siapkan dua buah, dengan maksud kain yang pertama untuk mengepel dengan air dan kain satunya untuk mengeringkannya. Ingat untuk selalu menggunakan kain yang lembut agar permukaan kayu tidak tergores.

• Untuk memulai mengepel, lakukan degan cara yang umum yaitu dengan mencelupkan kain dalam baskom berisi air. Bedanya, saat anda memerasnya lakukan dua kali lebih kuat daripada mengepel lantai biasa, hingga kain benar-benar tidak terlalu basah.

• Bila sudah segera lakukan pengepelan sebagaimana biasanya, yaitu dari sisi yang terdalam ke luar dengan gerakan mundur. Keringkan segera, sesaat anda selesai mengepel satu sisi lantai agar air tidak diserap kayu yang memungkinkan kayu menjadi mudah lapuk. Jangan lupa untuk mengepel dengan gerakan searah serat kayu agar tampilan serat kayu tetap terjaga seingga tidak kehilangan nilai daripenggunaan lantai dengan material kayu.

• Biasanya akan ada kotoran atau debu yang memutih di tiap pojok ruangan berlantai kayu ini. Untuk membersihkan bagian tersebut, gunakan sikat gigi bekas atau kuas untuk menyapunya ke dalam dan bisa anda angkat dengan serokan debu atau lap yang lembut. Atau bila perlu, khusus bagian ini anda bisa menggunakan silicon cair atau cairan khusus pembersih furniture yang terbuat dari kayu.

• Bila ternyata ada kotoran membandel seperti permen karet yang menempel, tentu tidak bisa dipel begitu saja, angkatlah perlahan dengan jari anda dan sisanya bersihkan dengan mengoleskan minyak kayu putih lalu usap dengan lap basah dan segera keringkan dengan lap kering.

Demikian tadi informasi singkat yang dapat kami berikan tentang tips dan cara mengepel lantai kayu agar tidak cepat lapuk. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.