cara merawat lantai kayu

Cara Merawat Lantai Kayu, Tips Perawatan Harian Lantai Kayu Rumah

Cara Merawat Lantai Kayu, Tips Perawatan Harian Lantai Kayu Rumah

Cara merawat lantai kayu – Dewasa ini bentuk atau model rumah dan segala elemennya sudah sangat berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah yang kadang kala tidak hanya menginginkan rumah yang anam dan nyaman, terlindung dari panas terik maupun hujan dan terpaan angin. Namun rumah juga harus terlihat cantik dan menarik, karena hal ini bisa juga menentukan status sosial si pemilik atau juga menunjukkan karakter si pemilik rumah.

Bahkan desain rumah juga bisa dibuat sedemikian rupa sebagai bahan investasi di masa depan. Seperti misalnya rumah kayu, dimana banyak elemen di rumah ini yang menggunakan material kayu yang tiak umum dipakai namun sudah mulai digemari banyak orang karena hsil akhirnya yang terlihat cantik dan menrik, disamping mengesankan ketenangan karena seolah-olah kembali ke alam.

Ada banyak bagian dari rumah yang bisa diaplikasikan dengan kayu, misalnya saja lantai. Lantai dari kayu ini pun sudah banyak diminati dan dipakai untuk rumah pribadi sampai perkantoran dan bangunan bisnis lainnya karena memiliki daya tarik tersendiri. Lantai dengan bahan kayu ini juga diminati dengan alasan sifatnya yang alami mampu memberi energi positif bagi seisi rumah. Namun sebelumnya alangkah baiknya jika anda mengetahui juga  cara mengepel lantai kayu sebelum anda melakukan perawatan lantai yang terbuat dari kayu, yang mana tentu tidak sama dengan lantai ubin atau keramik biasa.

Walaupun lantai kayu terbuat dari kayu yang berkualitas dan melalui proses pengawetan terlebih dahulu, tetap saja ada kelemahan yang tidak bisa dihindari dari penggunaan lantai dengan bahan kayu ini. Bagi anda yang tertarik untuk membuat lantai anda dari kayu, atau mungkin anda baru saja membangun rumah dengan lantai yang terbuat dari kayu, berikut ini kami berikan informasnya untuk anda beberapa cara merawat lantai kayu di rumah anda.
• Periksalah lantai kayu anda apakah benar-benar bersih dari kotoran yang tampak oleh mata, seperti kotoran debu, potogan kertas, sisa makanan, rambut dan lain sebagainya. Bersihkanlah dengan sapu nylon yang lembut agar tidak menggores permukaan kayu dan angkat dengan pengki atau serokan debu. Ini merupakan cara perawatan harian yang wajib anda lakukan minimal sehari sekali di lantai jenis apapun, terlebih untuk lantai kayu agar tidak ada kotoran yang menumpuk dan semakin sulit dibersihkan dan bisa membuat lantai kayu anda cepat keropos.

• Kumpulkan kotoran di satu sudut dengan sapu nylon dan angkat dengan serokan debu agar kotoran tidak menyebar kemana-mana dan lantai kayu anda tetap aman dari goresan. Lakukan hal ini setiap hari atau lebih baik lagi saat anda menemukan adanya kotoran yang menempel pada lantai kayu anda.

• Untuk kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan hanya dengan sapu, maka sebaiknya gunakan kain lobby duster yang bersih dan kering. Jangan menambahkan air, obat kimia, minyak, atau cairan pembersih lantai lainnya karena dikhawatirkan mempunyai sifat yang merusak lantai kayu anda. Bila tidak, gunakan saja lap biasa yang lembut, tidak kasar dan yang kering.

• Bersihkan lantai kayu anda dengan menggunakan lobby duster yang digosok perlahan dengan cara maju mendorong tumpang tindih atau mundur tumpang tindih secara berkesinambungan untuk mendapatkan hasil lantai bersih yang lebih sempurna dan tidak menggores permukaan kayunya.

• Hindari sebisa mungkin dari tumpahan bahan kimia atau minuman yang bisa membuat lantai kayu basah dan mungkin membuat lantai anda tidak akan tahan lama. Terlebih lagi bila anda ceroboh menjatuhkan puntung rokok dengan bara yang masih menyala.

• Sebelum memutuskan menggunakan lantai bermaterial kayu, sebaiknya pastikan bahwa rumah anda bebas dari rembesan air hujan saat cuaca buruk. Hal ini tentu akan sia-sia bila anda memiliki lantai kayu yang bagus namun tidak didukung dengan langit-langit yang aman dari bocor atau daerah rumah anda yang mudah terkena banjir.

Demikian tadi informasi yang dapat kami berikan tentang cara merawat lantai kayu di rumah anda. Apapun itu, memiliki lantai dengan material kayu memang menuntut anda untuk ekstra perhatian dan melakukan perawatan agar lantai kayu anda tetap menawan. Terimakasih, semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.