Cara Upgrade VGA Laptop

Bermain game dengan graphic yang tinggi dan resolusi yang HD, tentunya membutuhkan beberapa upgrade hardware yang penting. Semua hardware pada komputer Anda bisa saja diupgrade secara keseluruhan jika ingin memainkan game berat. Hardware yang harus Anda upgrade untuk bermain game berat sekelas Crysis 3 yaitu mothboard socket LGA 1150 ke atas, prosesor Core i5 3,0 Ghz, RAM 8 GB, VGA Card 2 GB dengan bandwith 256 bit, Power Supply dan media penyimpanan seperti HDD atau SSD yang memadai untuk semua hardware dan game tersebut.

Untuk Anda pengguna PC desktop hal itu mungkin cukup mudah. Kendalanya mungkin hanya ada pada masalah budget yang tentunya lumayan tinggi. Sedangkan untuk masalah perakitan dan penggantian hardware jauh lebih mudah. Nah, bagaimana jika untuk Anda pengguna laptop yang ingin mengupgrade kemampuan atau performa dari laptop agar mampu memainkan game tersebut?

Bagi Anda pengguna laptop yang ingin memainkan game sekelas Crysis 3 ini sepertinya membutuhkan biaya yang jauh lebih besar jika ingin membeli laptop gaming. Biayanya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Pasalnya, upgrade pada laptop ini sangatlah terbatas. Yang bisa Anda upgrade pada laptop hanya pada RAM dan media penyimpanan saja. Sedangkan untuk perangkat lainnya sudah terpasang permanen. Adapun jika, Anda ingin melakukan upgrade pada processor laptop mungkin saja bisa jika memang laptop Anda mendukung untuk dilakukan upgrade tersebut. Nah, bagaimana dengan VGA Sendiri? Apa bisa dilakukan upgrade?


Dengan perkembangan teknologi yang semakin tinggi saat ini, VGA Card untuk laptop kini sudah tersedia. Namun, pada laptop tidak dikenal sebagai VGA Card, melainkan VGA eksternal. Kedengarannya seperti hardisk ekternal ya, hehehe. Video Graphic eksternal ini bisa Anda gunakan sebagai solusi untuk menambah kinerja atau performa graphic pada laptop Anda, dan juga bisa mengirit biaya pembelian laptop gaming yang baru.


Anda cukup memiliki laptop yang memiliki prosesor minimal Core i5 dan RAM 8 GB. Selanjutnya Anda membeli VGA Eksternal ini dengan harga sekitar $562. VGA eksternal ini sebenarnya menggunakan VGA Card seperti pada komputer. Namun, Anda harus membeli perangkat pengenalnya sebagai socket dan juga penambah daya (power suppy) untuk VGA Card tersebut. Alat pengenal dari VGA Card ini dikenal dengan nama ViDock Nano. ViDock Nano ini sudah dilengkapi dengan power supply sebesar 200 watt, dan juga VGA Card dari MSI Geforce GTX 660. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah layar monitor tersendiri sebagai output dari VGA Eksternal ini.

Bagaimana, solusi yang bagus kan untuk Anda yang ingin mengupgrade VGA laptop Anda agar bisa bermain game kelas berat. Daripada Anda membeli laptop gaming seharga 20 jutaan, cara ini bisa menghemat dana Anda.