Cara gaming di laptop low end :)

Cara gaming di laptop low end – Ngomongin soal game kita pasti tahu terdapat 2 jenis game didunia ini yaitu High End dan Low End, maksudnya disini adalah game berat (High End) dan game ringan (Low End), keduanya sama-sama seru, sama-sama keren, dan sama-sama banyak dimainkan oleh para gamers. Bedanya yaitu sesuai judulnya sendiri yaitu Game berat dan game ringan. Game berat saya beri contohnya yaitu Assassin’s Creed Unity, Batman Arkham Knight, Far Cry 4, atau Battlefield 4, semua game tersebut memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi agar bisa dijalankan dengan baik. Sedangkan game ringan saya beri contoh yaitu Zuma, Plants vs Zombie, , dan Pinball.

cara gaming di laptop low end

Hampir semua game keluaran 2016 mengharuskan kita memiliki komputer dengan spesifikasi yang tinggi, bukan itu juga ukuran dari game tersebut juga tidak main-main, contohnya GTA V yang mempunyai file instalasi 50gb, sudahlah boros hardware eh boros penyimpanan juga.

Walaupun ukuran game yang gila besarnya dan juga boros memakai hardware, game terbaru 2016 mempunyai kualitas grafis yang tidak main-main juga, hampir semua game 2016 sudah mendukung 4K, yang artinya ketajaman gambarnya 4 kali lebih tajam dibanding Full HD.

Jadi apakah kita yang mempunyai komputer biasa atau yang lawas keluaran 2011 bisa memainkan game sekarang ? Menurut saya masih bisa namun anda harus mengecilkan resolusi dan kualitas gambar ke tingkat yang paling rendah. Selain itu juga ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat komputer anda bisa menjalankan game high end.
Berikut ini Cara memainkan game high end pada pc low end :

Update driver
Yang pertama anda harus update driver VGA anda dulu, mengingat APIs dalam driver VGA lama umumnya tidak mendukung game baru jadi harus di update dulu. Untuk VGA merek AMD Radeon, mengupdate driver dapat berdampak pada peningkatan performa grafis. Dan bagi pengguna VGA merek NVIDIA Geforce, mengupdate driver dapat membuat anda bisa menjalankan game berbasis NVIDIA Gameworks terbaru dan juga dapat mengurangi beban VGA ketika menjalankan game.

Update komponen Windows
Maksud saya disini adalah menjalankan Windows Update. Fungsi Windows Update sendiri adalah memperbaharui komponen Windows seperti Visual C++ atau Microsoft DirectX. Selain itu juga mengupdate komponen Windows dapat mengurangi potensi error seperti D3dcomplier_43.dll is missing . Tapi jangan terlalu sering mengupdate Windows dengan Windows Update, update beberapa komponen penting saja karena jika terlalu sering menjalankan Windows Update komputer anda dapat menjadi lelet.

Ubah tampilan menjadi Classic (Windows 7 only)
Bagi anda yang menggunakan Windows 7, ada cara yang bisa digunakan untuk menambah fps dalam bermain game yaitu mengubah tampilan dari Aero (Default) menjadi Windows Classic. Selain itu juga mengubah tampilan menjadi Windows Classic dapat mengurangi pemakaian RAM pada Windows 7.

Upgrade ke Windows 10 (sangat disarankan)
Salah satu cara agar komputer anda bisa menjalankan game high end secara lancar adalah dengan melakukan upgrade ke Windows 10. Windows 10 memiliki banyak fitur-fitur baru yang dapat membuat game menjadi lancar ketika dijalankan, salah satu sebabnya adalah karena Windows 10 menggunakan DirectX 12 yang mempunyai performa yang lebih bagus dibanding DirectX 11 . Fps yang didapatkan juga menjadi lebih banyak ketika menggunakan Windows 10, saya sendiri juga merasakan perbedaan memainkan game di Windows 7 dengan Windows 10, benar-benar ada perbedaan yang drastis.

Mengompres grafis game
Saya agak kurang tahu mengenai hal ini, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa agar bisa menjalankan game high end walau komputer kita tidak high end dengan cara mengompres grafis dari game tersebut. Konsepnya seperti membuat game bajakan versi Repack atau Black Box. Untuk masalah ini silahkan anda cari Google saja.
Menggunakan game bajakan versi Repack atau Black Box

Bagi anda yang benar-benar tidak punya uang untuk beli game ori dan juga tidak punya uang untuk upgrade pc, ada alternatif bagi anda yaitu menggunakan game bajakan versi Repack atau Black Box. Anda juga tahu sendiri salah satu vendor game bajakan yang terkenal adalah Reloaded dan Skidrow, namun kedua vendor tersebut hanya membuat crack untuk game yang diinginkan tapi tidak mengompres grafis dari game tersebut, sehingga rasa menjalankannya sama seperti menjalankan game ori. Tapi jika anda menggunakan game bajakan versi Repack atau Black Box, kedua vendor tersebut juga membuat Crack untuk game ori sekaligus mengompres grafis dari game tersebut sehingga menjadi ringan ketika dijalankan. Selain itu juga Game bajakan versi Repack juga memiliki ukuran yang kecil pula.
Melakukan sedikit Upgrade

Dan jika beberapa cara diatas tidak bisa membuat komputer anda menjalankan game yang diinginkan maka tidak ada cara lain selain melakukan upgrade. Tapi tidak mengugrade seluruh hardware di komputer anda, hanya beberapa hardware saja seperti VGA, RAM, dan Hardisk. Jika anda mempunyai sebuah komputer dengan Processor Core 2 Duo 2GHz, maka yang perlu anda upgrade adalah VGA-nya saja. Penentu komputer bisa menjalankan game berat bukanlah umurnya atau prosessornya namun  VGA dan RAM, jika anda mempunyai komputer keluaran 2008 namun mempunyai VGA keluaran 2016 apa tidak mungkin bisa menjalankan game high end tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Menurut saya semua cara diatas mampu membuat komputer anda menjalankan game high end pada pc low end, terutama tips nomor 6 dan 7, selain itu juga tips nomor 1 sangat berguna bagi anda yang mempunyai VGA AMD Radeon karena Radeon terkenal dengan driver-nya yang bisa membuat peningkatan performa pada VGA mereka.

Itulah Cara memainkan game high end pada pc low end, jika anda mempunyai pertanyaan silahkan tanya di komentar. Baca juga Spesifikasi komputer gaming mei 2016 jika anda ada rencana mau membuat komputer gaming. Sekian dari saya