menghilangkan jerawat dengan baking soda

Menghilangkan Jerawat dengan Baking Soda, Efektif atau Tidak ?

Menghilangkan Jerawat dengan Baking Soda, Efektif atau Tidak ?

Menghilangkan jerawat dengan baking soda – Mengobati jerawat menggunakan baking soda adalah metode sederhana dan murah namun tidak semua orang efektif saat menggunakannya. Bahkan membuat jerawat semakin parah dan lebih sulit diobati. Untuk lebih memahami bagaimana menghilangkan jerawat dengan baking soda, Anda bisa merujuk ke artikel berikut.

menghilangkan jerawat dengan baking soda

Penyebab jerawat

Kulit setiap orang memiliki ratusan pori-pori dan setiap lubang akan memiliki kelenjar minyak yang akan membuat kulit tetap lembab dan kering.
Namun, bila kelenjar ini bekerja berlebihan, mengakibatkan produksi minyak berlebih, dikombinasikan dengan sel kulit mati, kotoran, akan menyumbat pori-pori.
Tidak hanya itu, bakteri juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari nafkah, tumbuh dan berkembang; Peradangan pori-pori.
Hasilnya adalah jerawat. Jerawat ini secara bertahap akan terpencar selama beberapa hari namun dalam beberapa kasus, peradangan menjadi lebih serius, yang merusak kulit dan sulit diobati.
Siapa saja yang pernah memiliki jerawat setidaknya sekali dalam hidup mereka, terutama saat menjelang pubertas.

Mengapa baking soda bisa mengobati jerawat?

Cukup banyak orang menggunakan baking soda dapat mengobati jerawat dengan sukses. Alasannya adalah:
Pertama, baking soda memiliki kemampuan meringankan. Tidak hanya menghilangkan sel kulit mati tapi juga menghilangkan kotoran, sebum pada permukaan kulit.
Membuat kulit bersih dan lapang, mengurangi kemungkinan menyumbat pori-pori.Tidak hanya itu, berkat bahan ini juga digunakan untuk mengobati komedo, memutihkan kulit.
Kedua, penderita jerawat sering memiliki kulit berminyak. Sementara baking soda memiliki kemampuan menyerap minyak, sehingga mengurangi kemungkinan tersumbatnya.
Ketiga, baking soda memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi ringan, sehingga mengurangi peradangan jerawat.Selain itu, baking soda ini cukup murah dan bisa juga mudah dibeli di toko kelontong.Karena kelebihan ini, baking soda banyak diminati oleh para wanita untuk mengobati jerawat.

Perlakukan jerawat dengan baking soda

Ada banyak cara untuk menyembuhkan jerawat dengan baking soda, beberapa fokus pada jerawat, yang lain menggunakan baking soda sebagai masker exfoliating.
Dengan mencampur baking soda bubuk dengan air atau madu, susu segar, yogurt, lemon, sampai mengental, lalu oleskan pada kulit berjerawat.
Biarkan selama 5-10 menit, lalu cuci muka dengan air dingin. Terakhir, oleskan pelembab, ini tidak bisa diabaikan karena baking soda sering mengeringkan kulit.
Catatan: Jika Anda ingin menggunakan baking soda sebagai masker, gunakan lebih banyak air, kurang baking soda; Dengan kata lain, lebih tipis untuk menghindari iritasi pada kulit.
Sebaiknya hanya dioleskan 1-2 kali dalam seminggu, karena sebaliknya jika dilakukan terlalu sering membuat jerawat semakin parah.

Efek sampingnya bila menggunakan baking soda

• Tidak semua kulit cocok untuk baking soda, terutama kulit kering dan sensitif.
• Baking soda sangat mudah kering, jika kulit terlalu kering maka mudah mengelupas, retak, gatal, kemerahan bahkan keriput.
• Kulit yang terlalu kering menstimulasi kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak (reverse effect), sehingga timbul jerawat lebih banyak.
• Selain itu, bagi penderita jerawat pustula, saat menggunakan soda atau yang lainnya, peradangan akan menjadi lebih serius.
• Padahal, banyak orang setelah menggunakan baking soda, kulit lebih berjerawat dan bengkak.
• Para ahli menyarankan agar tidak berlebihan melakukan perawatan jerawat dengan baking soda, namun harus dianggap sebagai metode pendukung dan selalu uji sedikit sebelum benar-benar menggunakan wajah.
• Untuk jerawat yang efektif dan tahan lama, perlu untuk menentukan penyebab utama jerawat pada setiap orang, agar mendapatkan pengobatan yang paling tepat.

Singkatnya, perawatan jerawat atau cara menghilangkan jerawat dengan baking soda itu efektif namun membawa efek samping yang sangat berisiko. Idealnya, Anda harus memilih perawatan jerawat yang berbeda, lebih aman, dan lebih profesional, sedangkan untuk anda yang suka dengan yoggurt, ada info tentang menghilangkan jerawat dengan yogurt yang bisa anda coba sebagai pecinta yoghurt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.