Cara Merawat Kulit Saat Cuaca Panas Terutama di Daerah Panas di Indonesia

Cara Merawat Kulit Saat Cuaca Panas Terutama di Daerah Panas di Indonesia

Cara merawat kulit saat cuaca panas – Perawatan kulit saat cuaca panas tidak sulit, hanya 10 langkah di bawah tentang cara merawat kulit saat cuaca panas, kulit Anda akan terlindungi sepenuhnya di bawah sinar matahari dan lebih indah sepanjang hari dan tidak kalah penting juga yaitu perawatan wajah secara alami sebelum tidur di malam hari setiap harinya.

cara merawat kulit saat cuaca panas

Langkah 1: Pahami efek sinar matahari pada kulit.

Untuk perawatan kulit musim panas yang efektif, Anda perlu memahami sinar matahari. Ini terdiri dari sinar yang berbeda, masing-masing dengan efek merusaknya sendiri pada kulit:
• Ultraviolet A (UVA): Panjang gelombang terpanjang, menembus lapisan dermis, lapisan paling dalam dari kulit. Ini mengaktifkan radikal bebas yang merusak sel, menyebabkan kulit menua lebih cepat.
• Ultraviolet B (UVB): Ini menembus lapisan atas kulit – epidermis. Menghitam, mengeringkan, menyamar atau menyebabkan sengatan sinar matahari, dalam jangka panjang akan menyebabkan kanker kulit.
• Ultraviolet C (UVC): Sinar ini paling berbahaya tapi untungnya disaring oleh lapisan ozon.
• Scratch Test (ST): goresan kulit, retak kulit.
• Inframerah (IR): Dengan kata lain, “panas matahari”, hal itu menyebabkan banyak masalah, seperti penipisan kolagen atau sistem kekebalan tubuh.

Langkah 2: Oleskan tabir surya.

Terapkan tabir surya adalah cara termudah dan paling mudah untuk membantu tabir surya saat keluar. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 15, menunjukkan dengan jelas terhadap UVA dan UVB.
Ada banyak jenis tabir surya dan Anda bisa menguji langsung untuk mengetahui tabir surya mana yang efektif untuk Anda.
Jika Anda memiliki kulit berminyak, jangan gunakan SPF lebih tinggi dari 20, silakan pilih “Bebas Minyak” atau “Non-Comedogenic” untuk menghindari penyumbatan pori-pori.
Penggunaan seng oksida, titanium dioksida dan produk tabir surya tak berbau akan mengurangi risiko alergi dan jerawat.

Langkah 3: Hindari sinar matahari yang kuat.

Waktu terpanas adalah dari 10 pagi sampai 3 sore, radiasi yang paling irradiant dan terkuat, jadi inilah saat yang paling berbahaya.
Anda perlu membatasi keluar rumah saat jam ini. Ubah aktivitas di luar ruangan.

Langkah 4: Pakailah pakaian pelindung.

Pakaian memiliki efek tabir surya yang bagus, jadi sebaiknya pakai baju lengan panjang saat keluar. Kenakan sebanyak mungkin lapisan pakaian semirip mungkin.
Selalu kenakan topi untuk melindungi wajah dan rambut Anda. Selain topi, Anda juga bisa menggunakan payung.
Kenakan kacamata hitam dan oleskan lip balm untuk melindungi bibir. Area ini sering diabaikan.

Langkah 5: Batasi berjemur.

Berjemur memiliki kulit coklat yang seksi adalah salah satu keinginan wanita. Namun, ini akan membuat kulit keriput, Anda akan cepat terlihat lebih tua dan berisiko terkena kanker kulit.
Risiko berjemur sangat besar dibandingkan dengan estetika sehingga Anda perlu menghindari godaan ini.

Langkah 6: Bersihkan wajah Anda setiap hari.

Ini adalah langkah yang sangat penting tidak bisa diabaikan dalam perawatan kulit musim panas. Biasakan mencuci muka setiap dua hari di pagi dan sore hari, jika berolahraga, Anda bisa mencuci lebih banyak.
Mencuci wajah dengan pembersih akan membantu kulit Anda menjadi lebih bersih, namun jika Anda memiliki kulit sensitif Anda bisa menggunakan handuk muka.
Hindari air panas, gunakan air dingin atau air hangat saat mencuci muka; Air panas akan mengeringkan kulit, menyebabkan pecah-pecah dan mengelupas.
Setelah berenang, penting untuk mencuci muka dengan air biasa karena air di kolam mengandung klorin dan garam, yang akan membuat wajah Anda kering, bahkan alergi.
Selalu bersihkan wajah sebelum tidur jika Anda tidak ingin wajah Anda berjerawat di pagi hari.

Langkah 7: Batasi makeup.

Membatasi riasan adalah cara sederhana perawatan kulit. Anda harus memberi wajah Anda istirahat selama beberapa hari, kulit perlu bernafas.
Bahan kimia di kosmetik tidak baik untuk wajah Anda sehingga Anda harus menguranginya sebanyak mungkin.
Hindari mengoleskan parfum pada kulit saat terkena sinar matahari, karena psoralen dalam parfum akan membuat kulit Anda lebih tahan terhadap paparan sinar matahari.

Langkah 8: Minum banyak air.

Kulit Anda rawan kekeringan pada hari-hari musim panas, jadi Anda perlu minum air secukupnya setiap hari agar kulit tetap lembab.
Dehidrasi tidak hanya menyebabkan kulit mengering, juga membuat kulit keriput, lebih hitam dan lebih memar.
Air juga akan membantu tubuh mengeluarkan racun lebih cepat dan lebih banyak.
Perhatikan, minum secara teratur; Hindari minum sambil makan karena menurunkan pencernaan saluran pencernaan.
Dianjurkan untuk minum banyak jus buah seperti jeruk, jeruk keprok, mentimun, semangka, karena tidak hanya menyegarkan tapi juga mengandung banyak vitamin.

Langkah 9: Makan sehat.

Ini adalah langkah paling dasar perawatan kulit di musim panas, tanpa langkah ini semua perawatan kulit tidak valid.
Kurangi gula dan pati halus; Mereka membuat kulit lebih tua. Cara terbaik adalah mengonsumsi biji-bijian seperti jagung, kentang, kacang-kacangan.
Mengkonsumsi berbagai buah dan sayuran dengan warna berbeda akan membantu memberi cukup vitamin dan mineral untuk kulit.
Yogurt mengandung banyak bakteri baik, baik untuk sistem pencernaan sehingga perlu diberikan makanan setiap hari. Sebaiknya pilih yoghurt kurang gula.
Diet rendah lemak akan membuat kulit Anda kering, lebih banyak keriput. Jadi jangan abaikan mereka bahkan saat Anda sedang diet, pilihlah lemak sehat, mereka kaya akan ikan, mentega, kacang-kacangan.
Protein adalah komponen dasar setiap sel, jika tidak cukup, sel kulit tidak akan sehat. Pilih protein dari daging tanpa lemak, makanan laut, telur dan kacang polong jika Anda khawatir tentang kenaikan berat badan.

Langkah 10: Cukup tidur.

Waktu tidur adalah saat tubuh sedang memperbaiki dirinya sendiri, mengembalikan sel yang rusak. Jika Anda tidur telat, tidak cukup tidur atau jadwal tidur yang tidak menentu akan mempengaruhi kulit dan keseluruhan tubuh pada umumnya.
Jika Anda ingin memiliki kulit yang indah, cobalah tidur tepat waktu sebelum pukul 10 malam dan tidur minimal 7 jam per malam.
Stres juga mempengaruhi kulit sehingga mengelolanya, jadi istirahatlah lebih.

Ini adalah beberapa langkah atau cara merawat kulit saat cuaca panas yang paling ilmiah dan efektif, mengambil langkah-langkah ini ke tingkat berikutnya, memastikan Anda tetap sehatdan cantik pada saat cuaca panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.