Model Kitchen Set Minimalis Untuk Dapur Rumah Sederhana dan Mini

Model Kitchen Set Minimalis Untuk Dapur Rumah Sederhana dan Mini

Model kitchen set minimalis – Dapur adalah salah satu ruangan yang cukup vital dalam sebuah hunian. Oleh karena itu ruangan yang penting artinya bagi seluruh anggota keluarga khususnya para ibu ini hendaknya tidak hanya aman dan nyaman namun juga menarik dan menyennagkan untuk melakukan aktifitas memasak yang belama-lama di dalam dapur.

Hal ini bisa disiasati dengan penataan kitchen set yang sesuai dengan betuk dan besarnya ruangan, juga disesuaikan dengan selera anda. Umumnya ada 5 tipe dasar desain kitchen set minimalis untuk dapur rumah yang bisa anda pilih dan anda terapkan pada ruangan dapur di rumah anda. Bagi anda yang penasaran, berikut ini kami berikan informasi tersebut, yaitu tenang 5 tipe model kitchen set minimalis untuk dapur rumah.

• Tipe single line
Ini adalah tipe atau bentuk yang paling sederhana karena aktifitas memasak dan beberapa hal lainnya berada dalam satu garis lurus. Tipe ini juga sangat cocok bagi anda yang memiliki ruangan dapur yang tidak terlalu luas atau cenderung sempit, sehingga sangat ccok juga untuk rumah minimalis. Umumnya sink berada di tengah dekat dengan kompor, sementara tempat cuci piring biasanya berada di bagian paling ujung. Namun kekurangan kitchen set tipe ini tentu terletak pada jumlah baris atau area memasak yang berada dalam satu garis dengan aktifitas lain mungkin akan membuat anda kurang bebas bergerak.

• Tipe double line
Seperti namanya, kitchen set yang satu ini terdiri dari dua baris yang terlihat seperti membentuk koridor. Sehingga beberapa orang juga menyebut tipe ini sebagai tipe koridor. Tipe ini memungkinkan anda memasak lebih leluasa karena anda bisa memisahkan aktifitas memasak dengan yang lainnya. Misalnya pada satu sisi bisa anda gunakan sebagi tempat memasak seutuhnya, sedangkan di sisi satunya sebagai tempat cuci piring. Atau juga dengan penataan yang lain bisa anda buat satu sisi sebagai tempat kompor dan wastafel untuk cuci piring, sementara sisi lainnya untuk tempat penyimpanan perabot dapur.

• Tipe L
Dapur dengan kitchen set tipe ini juga cenderung memungkinkan anda lebih leluasa bergerak dan penggunaan ruangan dapur juga menjadi lebih optimal. Pasalnya, dengan bentuk L ini memungkinkan kitchen set terletak pada bagian paling sudut ruangan sehingga tidak ada ruang kosong yang tidak terpakai. Umumnya di satu sisi yang panjang bisa digunakan sebagai tempat mencuci piring, dan di sisi lainnya yang lebih pendek bisa anda gunakan sebagai tempat kompor. Sedangkan sink umumnya berada di sudutnya agar lebih efisien.

• Tipe U
Tipe ini berarti ada 3 sisi kitchen set yang slaing berhubungan dan membentuk huruf U. Tipe ini juga lebih memberikan kerja yang optimal dari sebuah dapur. Dimana pada sisi yang pertama bisa anda gunakan sebagai area memasak dan yang lainnya, sedangkan sisi kedua atau yang di tengah bisa anda gunakan sebagai tempat cuci piring, dan sisi satunya lagi bisa anda manfaatkan sebagai storage area atau tempat menyimpan segala perabot memasak sekalius bisa juga digunakan untuk meletakkan makanan sementara sebelum anda menyajikannya di ruang makan.

• Tipe pulau atau island type
Tipe kitchen set yang satu ini lebih kompleks atau lengkap dan memungkinkan aktifitas memasak yang lebih optimal. Pada dasarnya tipe ini merupakan perpaduan antara tipe single line dan tipe U. Pada bagian tengahnya biasanya diletakkan meja tambahan atau yang disebut island table. Island table ini tidak harus permanen, namun bisa juga berupa troli. Untuk penataanya sendiri, biasanya pada bagian yang mirip tipe U digunakan sebagai area memasak, mencuci piring, sekaligus area penyimpanan perabot memasak. Sedangankan island table sendiri sengaja difungsikan sebagai area saji atau tempat menaruh makanan sementara sebelum disajikan di meja makan. Sayangnya, kitchen set tipe ini cukup menghabiskan ruangan sehingga hanya cocok bagi anda yang memiliki ruangan dapur yang luas.

Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan tentang 5 tipe model kitchen set minimalis untuk dapur rumah. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.