Model Atap Rumah Minimalis, Beberapa Jenis Atap Modern Yang Sesuai

Model Atap Rumah Minimalis, Beberapa Jenis Atap Yang Sesuai

Model atap rumah minimalis – Dalam konstruksi sebuah rumah, ada beberapa bagian yang menduduki peranan penting dalam terbangunnya hunian yang aman, nyaman, dan menarik. Misalnya saja atap. Atap adalah salah satu bagian vital tersebut, dimana pemasangan atap rumah tidak bisa ditinggalkan maupun digantikan fungsinya dengan hal lain. Atap rumah sangat penting peranannya karena mampu menahan aliran air saat hujan maupun teriknya matahari di siang hari. Atau dengan kata lain, desain atap rumah minimalis anda akan melindungi anda dari panas dan hujan.

Atap rumah sendiri memiliki banyak varian jenis sesuai dengan kebutuhan anda dan desain rumah yang anda miliki. Karena atap rumah juga didesain sesuai permintaan dan perkembangan berbagai desain rumah yang berkembang sekarang ini, ada kalanya beberapa jenis atap rumah tidak sesuai dengan gaya rumah tertentu. Misalnya saja pada rumah dengan gaya minimalis, tentu tidak akan sesuai bila anda memilih atap rumah dengan jenis rumbia karena terbuat dari dedaunan kering sehingga sangat alami dan terlihat tradisioanal atau klasik. Oleh karena itu berikut ini kami berikan informasinya untuk anda mengenai model atap rumah minimalis yang sesuai dengan desain rumah minimalis.

• Atap genteng
Jenis atap yang satu ini sudah pasti anda kenal dengan baik. Atap genteng juga yang paling umum dipakai dan paling sesuai untuk gaya rumah apa saja. Atap jenis ini juga yang paling familiar dan banyak dipakai di negara kita. Hingga beberapa daerah di Indonesia menjadi sentra pembuat atap genteng. Demikian pula untuk rumah dengan desain minimalis sangat cocok bila menggunakan atap jenis yang satu ini. Selain bentuknya yang pasti sesuai dengan rumah minimalis anda, instalasi atap jenis ini juga tidak terlalu sulit an bila ada kerusakan cukup mengganti bagian yang rusak saja. Keuntungannya lagi, bahannya yang terbuat dari tanah liat dipercaya mampu memebrikan kesejukan tersendiri bagi rumah yang menggunakannya. Disamping itu, atap genteng ini bisa dicat sesuai warna tembok eksterior rumah minimalis anda agar terlihat lebih selaras dan cantik.

• Atap sirap
Atap sirap juga terbilang sesuai digunakan untuk rumah minimalis karena bentuknya bisa menyesuaikan model rumah. Atap jenis ini terbuat dari kayu dengan ukuran dan ketebalan tertentu. Sementara kayu yang biasa dipakai adalah jenis kayu ulin karena memiliki karakteristik yang lebih awet atau tahan lama. Meski demikian, pembuatan atap dari kayu ini juga masih perlu proses pengawetan agar benar-benar tahan lama. Atap sirap juga terbilang bisa menyerap panas matahari sehingga bagian dalam rumah bisa menjadi lebih sejuk. Hanya saja atap jenis terbilang mahal karena saat ini sangat sulit untuk mendapatkan kayu ulin yang berkualitas dan harganya pun cenderung mahal. Jadi bila anda tertarik untuk menggunakan atap sirap pada rumah minimalis anda, sebaiknya cari dulu info ketersediaan bahannya.

• Atap PVC
Anda mungkin tidak asing dengan jenis atap yang satu ini. Ya, umumnya dipakai untuk kanopi rumah. Atap yang satu ini juga cocok digunakan untuk rumah minimalis anda. Hanya saja tidak digunakan pada semua area, melainkan hanya bila anda menginginkan teras yang berkanopi atau ada salah satu ruangan yang membutuhkan cahaya matahari lebih di siang hari. Biasanya adalah kamar mandi, dapur, atau ruang hijau di dalam rumah bila ada. Bentuk atau modelnya juga bermacam-macam sehingga mampu mempercantik eksterior rumah minimalis anda.

• Atap beton bertulang
Untuk atap yang satu ini terbilang paling kuat dan nyaris tanpa perawatan khusus. Bentuknya pun sederhana sehingga cocok juga digunakan pada rumah minimalis anda. Apalagi bila anda berencana menambah lantai di rumah anda yang mungil, maka gunakan saja atap beton agar anda tidak perlu lagi membongkar atap dan membuat atap beton saat hendak mengerjakannya. Pasalnya rumah yang mungil tentu tidak bisa diperbesar bila sewaktu-waktu anggota keluarga anda bertambah atau ada barang-barang yang tiak bisa terelakkan keberadaannya di rumah anda sehingga memerlukan tempat baru, makai membuat rumah minimalis berlantai dua adalah solusinya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang model atap rumah minimalis yang sesuai dengan desain rumah minimalis. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.