interior ruang makan

Interior Ruang Makan Minimalis, Desain Mungil Tapi Tetap Modern

Interior Ruang Makan Minimalis, Desain Mungil Tetap Modern

Interior ruang makan – Memiliki ruang makan yang bersih, rapi, dan nyaman merupakan idaman bagi setiap keluarga. Karena ruang makan memiliki banyak fungsi untuk melakukan berbagai aktifitas. Fungsi ruang makan tidak hanya digunakan ketika makan bersama keluarga, akan tetapi, fungsi ruang makan juga dapat di gunakan untuk belajar dan bersantai bersama dengan keluarga. Dalam interior rumah minimalis, ruang makan didesain menjadi ruang multifungsi. Mungkin, dikarenakan ukuran rumah yang tidak terlalu luas.

Ruang makan juga sering disebut sebagai ruang keluarga kedua. Karena ruangan ini juga sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga, untuk menikmati santapan makanan, dan saling berbagi cerita. Dalam interior ruang makan, untuk furnitur meja makan dipilih dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Dikarenakan, agar penataan ruangan terlihat lebih luas dan terkesan rapi.

Tips mendesain interior ruang makan
Masih bingung mengenai desain interior ruang makan? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa tips untuk membantu Anda dalam mendesain interior ruang makan, agar memberikan kenyamanan saat Anda menyantap makanan bersama keluarga.

• Letak ruang makan.
Untuk letak ruang makan biasanya berdekatan dengan letak ruang dapur, hal ini untuk mempermudah dalam penyajian makanan dan minuman. Akan tetapi, untuk Anda yang lebih suka dengan suasana alam, bisa mendesain ruang makan berdekatan dengan teras rumah, sehingga Anda bisa menikmati makanan dengan view bertema alam bebas terutama sekali untuk model rumah klasik 1 lantai yang mewah.

• Aplikasi warna dinding.
Perlu diperhatikan, dalam pemberian warna dan pendekorasian pada ruang makan. Yang akan memberikan kenyamanan pada Anda dan keluarga, serta dapat betah berlama-lama di ruangan ini. Dalam pemberian warna pada ruangan ini, seharusnya menggunakan warna yang cerah. Karena warna cerah dapat memberikan sugesti yang positif sehingga akan membuat Anda merasa nyaman berada diruangan ini. Pemberian warna pada ruang makan juga harus diselingi dengan warna furnitur yang mendukung, hal ini untuk memberikan kesan yang selaras pada ruangan.

• Pencahayaan ruangan.
Selain pemberian warna yang selaras, penataan cahaya juga harus diperhatikan. Penataan cahaya pada ruang makan, dapat menggunakan pencahayaan yang memfokuskan pada ruang meja makan. Hal ini bertujuan untuk menggugah selera makan Anda. Cahaya pada ruang makan jangan terlalu gelap dan terlalu terang. Jika terlalu gelap akan memberikan ilusi yang suram yang menjadikan keluarga Anda tidak betah untuk beraktifitas di ruang makan. Jika terlalu terang, misalnya menggunakan lampu hologen, akan menyilaukan mata saat beraktifitas didapur. Nantinya bisa mengrusak kesehatan mata. Berikan pencahayaan yang pas untuk kenyamanan keluarga Anda.

• Sirkulasi udara.
Untuk pemberian sirkulasi udara, berikan beberapa sirkulasi yang cukup untuk membuang udara kotor yang mengendap pada ruang dapur, mengingat ruang makan yang berdekatan dengan ruang dapur. Sehingga sisa proses memasak tidak dapat menganggu aktifitas Anda selanjutnya. Jika letak ruang makan berdekatan dengan teras, berikan model jendela dengan ukuran yang besar. Ukuran jendela ideal, memiliki lebar 1 meter dan panjang 2 meter, hal ini untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan Anda dalam menyantap makanan.

Ruang makan yang modern atau ruang makan etnik, akan terasa membosankan jika Anda tidak bisa menjaga kebersihan ruangan tersebut. Dalam mendesain interior ruang makan, pemilihan warna, cahaya, letak, dan sirkulasi udara yang tepat juga akan memberikan sugesti yang positif dan kenyamanan pada diri Anda. Sehingga memberikan energi yang positif dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.