Desain Atap Rumah Minimalis, Beberapa Model Atap Modern Yang Sesuai

Desain Atap Rumah Minimalis, Beberapa Model Atap Modern Yang Sesuai

Desain atap rumah minimalis – Dewasa ini kita akan menjumpai banyak atap dengan berbagai desaian atau model, dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit sekalipun. Termasuk juga bahan atap yang digunakan, ada yang terbuat dari tanah liat seperti pada atap genteng, atap beton atau juga atap PVC yang biasa digunakan pada teras sebagai kanopi. Instalasinya juga dibuat dari yang paling umum sampai dengan yang tidak biasa. Demikian juga pada model atap rumah minimalis yang pada umumnya.

Khusus untuk atap ini, anda tidak lagi perlu terpaku pada betuk yang simetris dengan berbagai jenis atap yang sesuai. Misalnya saja atap genteng yang dibuat miring atau tinggi sebelah dan lain sebagainya. Untuk menambah tampilannya agar lebih menarik, anda juga bisa mengecat atap rumah anda dengan warna yang selaras dengan warna dinding eksterior rumah minimalis anda. Bagi anda yang memiliki rumah minimalis, berikut ini kami berikan informasinya untuk anda tentang beberapa desain atap rumah minimalis yang bisa menjadi referensi anda.

• Atap model pelana
Desain atap yang satu ini terbilang sederhana dan sudah banyak kita lihat di sebagian besar rumah di Indonesia, termasuk juga sekolah dan beberapa bangunan lainnya. Desain atap ini umumnya terdiri dari 2 bagian atau 2 sisi yang pada akhirya akan bertemu di satu garis pertemuan atau yang biasa disebut sebagai bubungan. Model atap yang satu ini juga menjadi favorit bagi setiap pemilik rumah karena bentuknya yang sudah famliar bagi sebagian besar masyarakat di pedesaan maupun perkotaan. Sehingga model atap pelana ini juga cocok untuk berbagai jenis desain rumah seperti pada rumah minimalis. Atap dengan desain pelana ini juga dipasang dengan kemiringan sekitar 35 derajat sehingga sangat efektif untuk memantulkan panas sinar matahari dan ketika hujan, air hujan dapat langsung mengalir ke bawah sehingga tidak menimbulkan kebocoran, kecuali bila atap memang sudah rusak.

• Atap model perisai
Atap dengan model perisai ini pada dasarnya adalah pengembangan dari atap dengan model pelana. Pada atap dengan model perisai ini semua sisi bidang atapnya miring ke satu sisi. Atap model pelana ini terdiri dari 2 bidang berbentuk segitiga dan 2 bidang berbentuk trapesium yang bertemu di satu garis. Sementara sudut-sudut dari atap dengan model perisai ini berkisar antara 30 sampai 40 derajat. Atap dengan model ini juga memiliki keunggulan tersendiri, yaitu hampir semua bagian dari dinding luar rumah anda bisa terlindung dari sengatan matahari maupun terpaan hujan sehingga dapat juga membantu memperpanjang cat dinding eksterior rumah anda. Selain itu, bentuknya yang miring, memungkinkan angin yang mmenerpa akan dibelokkan ke atas sehingga mengurangi resiko kerusakan atap. Desain atap perisai ini juga sesuai dengan bentuk rumah minimalis anda.

• Atap model datar
Dari bentuknya atap dengan model ini terbilang sederhana, namun juga akan terlihat elegan bila anda memberikan sedikit ornamen di bagian sisinya, terutama di bagian depan rumah anda. Atap model datar ini umumnya terbiat dari beton yang dicor dan tergolong sangat tahan lama dan kuat daro terpaan angin, panas, maupun hujan. Atap jenis ini juga terbilang tidak rumit dalam pengerjaannya dan memberikan keuntungan lebih bagi anda yang berencana membuat rumah minimalis anda menjadi dua lantai di kemudian hari. Namun dalam membuat atap datar yang terbuat dari beton yang dicor ini hendaknya sangat hati-hati dan teliti karena bila tidak rata atau ada bagian yang bergelombang bisa menjadikan genangan air saat hujan turun dan mengikis kekuatan atap anda.

• Atap model standar
Atap dengan model yang satu ini tentu dibuat dengan sangat sederhana dan umumnya digunakan di bagian bangunan tambahan seperti emperan rumah atau selasar. Atap dengan model standar ini juga sesuai untuk rumah minimalis anda, apalagi bila anda menambahkan kesan modern menjadi modern minimalis. Karena atap jenis ini telah banyak dipakai untuk rumah yang mengusung tema modern.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang beberapa desain atap rumah minimalis. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.